Sabtu, 12 Maret 2016

      Liga Inggris. Liga yang sudah sangat digemari masyarakat dunia. Liga yang terkenal glamour dengan klub-klub yang ditakuti ranah Eropa, bahkan dunia. Inggris dianggap sebagai tempat kelahiran sepak bola. Anggapan ini berdasarkan bukti sejarah adanya klub sepak bola tertua di dunia (Sheffield FC), Badan Nasional pengatur sepak bola tertua di dunia (FA), tim nasional pertama, kompetisi sistem gugur nasional tertua (FA Cup), dan liga nasional tertua (The Football League). Saat ini Liga domestik Inggris, EPL, adalah salah satu liga olahraga paling populer dan terkaya di dunia dan merupakan rumah bagi beberapa klub terkenal di dunia sepak bola.
      Tapi semuanya sudah berubah sejak Chelsea menjuarai UCL & UEL pada musim 2011/2012 & 2012/2013. Klub2 EPL seperti kehilangan taringnya, bahkan kualitas mereka secara overall kalah dibanding klub2 seperti Borussia Dortmund, Bayern Munchen, atau bahkan Atletico Madrid. Ada apa dengan EPL?
      Hilangnya taji EPL perlahan mulai "tercium" sejak habisnya masa beberapa pemain lokal hebat seperti David Beckham, Gary Neville, Paul Scholes, Michael Owen, Rio Ferdinand, Ashley Cole, Joe Cole, John Terry, Frank Lampard, Steven Gerrard, Teddy Sheringham, Andy Cole, dan beberapa pemain top lokal lainnya. Media Inggris dianggap terlalu lebay dalam menyikapi beberapa pemain lokal saat ini. Seperti Raheem Sterling, John Stones, Harry Kane, dan Jamie Vardy. Sehingga pemain2 macam mereka dianggap luar biasa & akhirnya dibanderol setinggi langit.
      Mundur kembali ke beberapa pemain lokal Inggris terdahulu. Berapa harga Frank Lampard & Joe Cole ketika dibeli Chelsea dari WHU? Berapa harga David Beckham ketika didatangkan Real Madrid dari MU? Chelsea tidak perlu keluar uang banyak buat mendapatkan salah satu bek kiri terbaik di dunia kala itu, Ashley Cole. Rio Ferdinand memang berbanderol mahal saat dibeli MU dari Leeds, tapi kualitasnya juga mahal. Steven Gerrard, Gary Neville, Paul Scholes, dan John Terry bahkan "tidak berharga" karena Liverpool, Chelsea, dan MU mendidik mereka sendiri. Mereka adalah pemain murah dan tidak berharga dengan kualitas yang mahal dan bisa berbicara banyak di Eropa bahkan dunia.
      Bandingkan dengan sekarang, berapa harga Raheem Sterling ketika dibeli Mancity dr Liverpool? Berapa banderol Jamie Vardy, John Stones, dan Harry Kane seandainya mereka dijual? Banderol mereka hampir pasti lebih mahal daripada pemain sekelas Toni Kroos, Luka Modric, Paul Pogba, dan Robert Lewandowski!!
      Pemain-pemain lokal EPL saat ini bisa dibilang mahal tapi kualitas murahan karena sulit berbicara banyak di level Eropa, dibanding terdahulu yang berharga murah bahkan ada yang tidak berharga tapi kualitasnya jempolan.
      Bagaimana tanggapan kalian soal analisis ini? setuju/tidak?
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Custom Search