Minggu, 27 September 2015




Pada tanggal 24 September 2015 lalu, ada satu trending topic yang betah 'nangkring' di TTI selama hampir 2 hari berturut-turut. Yaitu, Tut Wuri Handayani. Usut punya usut, ternyata alasan salah satu semboyan pendidikan itu berada di TTI  berasal dari sebuah kicauan member JKT48 dalam akun twitternya.

Yap, seperti yang sudah diketahui masyarakat luas. Member tersebut bernama Della Delila, member JKT48 Team K3. Member yang dikenal fans JKT48 sebagai salah satu member yang penuh dengan candaan. Dan, di tanggal 24 September itulah, Della memberi jokes kepada 400rb lebih followers twitternya di akun @Della_JKT48 menggunakan kata Tut Wuri Handayani yang (mungkin) sengaja ia salah artikan.


Bagi fans JKT48, mungkin hal itu sudah biasa, karena mereka sudah tahu karakter masing-masing member JKT48, terutama Della dalam hal ini. Namun diluar dugaan, jokes dari Della tersebut menyebar luas. Bahkan hampir seluruh portal berita online beramai-ramai membuat artikel tentang Member JKT48 yang salah mengartikan Tut Wuri Handayani. Bahkan kalangan selebriti maupun politisi dan negarawan tak lupa mengomentari. Hingga puncaknya, berita ini masuk ke sebuah acara infotainment di salah satu stasiun TV swasta. Saya yakin, Della pun mungkin tidak akan menyangka akan mendapat respon sebesar ini.
 


Tak lama kemudian, Della menghapus tweet nya yang menjadi masalah tersebut. Namun keributan masyarakat akan hal ini masih berlanjut hingga artikel ini ditulis. Ada yang membela, ada yang terang-terangan membully dan menyalahkan, bahkan ada yang berterimakasih. Berterimakasih untuk apakah?

Karena secara tidak langsung, berkat tweet Della tadi masyarakat yang awalnya sudah lupa atau bahkan tidak tahu, seakan dipaksa untuk kembali mengingat apa arti sebenarnya dari Tut Wuri Handayani. Saya yakin, dari banyaknya orang yang membully Della, mereka pasti lebih dahulu mencari tahu arti Tut Wuri Handayani yang sebenarnya. Ini dibuktikan oleh data searching untuk keyword 'Tut Wuri Handayani' yang tiba-tiba membludak.


Intinya, jika kita menemukan suatu kesalahan, lantas ambilah sisi positif dari kesalahan tersebut. Seperti kata salah satu member JKT48 Team K3, yaitu Ratu Vienny Fitrilya (@Viny_JKT48) yang dalam salah satu tweetnya mengatakan "dari yang salah, mengingatkan yang lupa". Dari suatu kesalahan, mengingatkan kembali yang sudah lupa atau bahkan tidak tahu. Benar, bukan? :)








Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Custom Search